Snorkeling Murah di Pulau Tidung

Pergi berlibur ke sebuah pulau yang indah, belum lengkap jika tidak mencoba snorkeling. Bagi para wisatawan yang baru pertama kali mencoba snorkeling, beberapa hal perlu diperhatikan.

Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, menawarkan keindahan panorama bawah laut. Wisatawan dapat menikmatinya melalui kegiatan snorkeling.

Banyak penduduk lokal Pulau Tidung yang menyediakan fasilitas snorkeling, mulai sewa alat hingga perahu yang akan membawa wisatawan menuju spot snorkeling yang paling baik. Harga sewa yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni Rp35 ribu, untuk alat snorkeling berupa masker, snorkel, dan fin atau kaki katak. Peralatan tersebut dapat digunakan sepuasnya.

Sementara untuk menyewa perahu, harga yang ditawarkan Rp200 ribu untuk perahu berkapasitas 10 orang. Perahu ini akan membawa wisatawan menuju Pulau Payung dengan menempuh perjalanan selama 1,5 jam.

Bagi pemula, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

1. Masker yang digunakan haruslah pas dengan wajah, untuk mencegah masuknya air ke dalam masker. Setelah menggunakan masker, berlatihlah untuk bernapas melalui mulut.

2. Pelindung mulut snorkel pun harus pas dengan ukuran mulut. Jika pipa snorkel telah penuh dengan air, pergilah ke permukaan dan hembuskan keras-keras menggunakan mulut.

3. Fin atau kaki katak yang digunakan harus sesuai ukuran kaki pemakai, dengan mengencangkan tali sabuk di bagian tumit. Fin akan melindungi Anda dari karang.

4. Cek peluit yang ada di pelampung yang Anda gunakan. Peluit ini berguna pada keadaan darurat untuk memberi kode kepada teman-teman Anda.

Jika gelombang semakin besar, jangan panik dan segeralah menjauh dari area tersebut lalu naik ke permukaan.